Jumat, 04 Agustus 2017

Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

SofwaHerbal - Daun kemangi banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai menu lalapan yang wajib ada. Sesuai dengan namanya, daun kemangi apabila disandingkan dengan lalapan lain tercium lebih wangi. Daunnya kecil-kecil dan hampir mirip dengan seledri, namun banyak juga yang tidak menyukai daun kemangi karena rasanya yang getir.

Kandungan daun kemangi


Dilansir dari organisasi.org, daun kemangi mengandung energi sebesar 43 kilokalori, protein 5,5 gram, karbohidrat 7,5 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 35 miligram, fosfor 106 miligram, dan zat besi 1 miligram. 

Selain itu terkandung vitamin A sebanyak 1017 IU, vitamin B1 0,06 miligram dan vitamin C 30 miligram.

Hasil tersebut diperoleh dari penelitian pada 100 gram Daun Kemangi. Informasi secara rinci komposisi kandungan nutrisi / gizi pada daun kemangi:
  • Nama Bahan Makanan : Daun Kemangi
  • Nama Lain / Alternatif : -
  • Banyaknya yang diteliti (food weight) = 100 gr
  • Bagian yang dapat dikonsumsi (bdd / food edible) = 65 %
  • Jumlah kandungan Energi = 43 kkal
  • Jumlah kandungan Protein = 5,5 gr
  • Jumlah kandungan Lemak = 0,3 gr
  • Jumlah kandungan Karbohidrat = 7,5 gr
  • Jumlah kandungan Kalsium = 35 mg
  • Jumlah kandungan Fosfor = 106 mg
  • Jumlah kandungan Zat Besi = 1 mg
  • Jumlah kandungan Vitamin A = 1017 IU
  • Jumlah kandungan Vitamin B1 = 0,06 mg
  • Jumlah kandungan Vitamin C = 30 mg

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan


Daun KemangiNah, di bawah ini merupakan beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan pria dan wanita.

1. Meredakan demam & masuk angin

Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita. Caranya Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita.

2. Menyehatkan mata dan mulut

Vitamin A dalam daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah gangguan pada mata lainnya. Bukan cuma itu, selain daun mint, kemangi pun punya efek menyegarkan bau mulut jika dikonsumsi.

3. Melancarkan ASI

Daun kemangi segar dipercaya dapat mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI. Anda bisa memanfaatkan sebagai lalap teman makan nasi dan sambal.

4. Anti inflamasi

Kemangi merupakan agen anti inflamasi yang bertugas menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radang sendi. Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang baik yang dibutuhkan tulang untuk mencegah osteoporosis.

5. Menopouse

Kemangi dapat menunda menopouse karena kandungan Zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi kemangi jika Anda ingin menunda massa menopouse.

6. Mencegah batuk

Di Thailand, kemangi digunakan sebagai bumbu masak. Di India dan sebagian wilayah di Afrika, daun kemangi diseduh menjadi teh. Teh kemangi disajikan pada saat pergantian musim, saat masyarakat setempat mudah terserang batuk, pilek, atau demam.

7. Mengatasi Keputihan

Kandungan senyawa eugenol dalam kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Jadi, saat Anda mengalami keputihan, rajin-rajinlah mengkonsumsi daun kemangi. bisa sebagai lalap atau dicampur dengan makanan lain, misalnya pepes.

8. Merangsang Sel Telur

Daun kemangi dapat membantu proses pematangan sel telur (ovulasi) karena kandungan zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi).

Itulah 15 manfaat dan khasiat daun kemangi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat daun yang sehat pula. 

0 komentar